Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi

Henilis Yanti Zega, Talizaro Tafonao

Abstract


The purpose of writing this article is to find out how the creativity of Christian religious education teachers in teaching during the pandemik . One of the main problems in teaching students during the pandemik  is that there are still some students who do not have various facilities such as cellphones, quotas and internet networks. Departing from this problem, creativity and solutions are needed that can encourage students to learn as explained in this article. The method used in this study is a descriptive method that describes a symptom, event and events that exist. The main sources in this article are journal articles and books that support the analysis process in this article review. The results found in this article are that teachers understand the nature of creativity, the characteristics of creativity and forms of creativity as needed during the pandemik . Thus, the success of Christian religious education teachers in teaching during a pandemik  depends on the methods used by teachers.

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas para guru pendidikan agama Kristen ketika mengajar di masa pandemi. Salah satu pokok persoalan dalam mengajar para peserta didik di masa pandemi adalah masih ditemukan beberapa siswa yang tidak memiliki berbagai fasilitas seperti handphone, kuota dan jaringan internet sebagaimana penjelasan dalam artikel ini. Berangkat dari permasalahan, maka dibutuhkan kreativitas dan solusi yang dapat mendorong peserta didik untuk belajar secara efektif dan efisien di masa pandemi saat ini. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif yang menjelaskan tentang suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang ada. Sumber utama dalam artikel ini artikel jurnal dan buku yang mendukung proses analisis dalam kajian artikel ini. Hasil yang ditemukan dalam artikel ini adalah guru memahami hakikat kreativitas, karakteristik kreativitas dan bentuk kreativitas sesuai kebutuhan di masa pandemi. Dengan demikian bahwa keberhasilan para guru pendidikan agama Kristen dalam mengajar di masa pandemi bergantung pada metode yang digunakan oleh guru.


Keywords


Kreatifitas, Guru, Kristen, Siswa, Pandemi, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Ermindyawati, L. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(1), 40–61. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.27

Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, & Wulandari, F. (2019). PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI. manajemen pendidikan, 7(2), 1689–1699.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Hutapea, R. H. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.287

Ibrahim, Kristiyandaru, A., Widodo, A., & Surabaya, U. N. (2021). GOOGLE FORM UNTUK MENGUKUR PENGETAHUAN SISWA. Education and developmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(2), 175–182.

Isradini, N., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Persada, III(3), 176–181.

Luhulima, D., Degeng, I. N., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pembelajaran, M. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. studi Islam, 1(1), 82–93.

Pendidikan, J. (2015). Kata kunci : Prestasi belajar, agama kristen, komik Alkitab. Pendidikan, VI(3), 206–219.

Pipah, S. ngafifah. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 123–144. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.186

Priyanti, N., & Sardy, N. (2021). Epistemology Study: The Role of Christian Teachers Regarding Students Freedom in Learning. PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 43–54. https://doi.org/10.46494/psc.v17i1.122

Rifai, R. (2021). Refleksi Teologis terhadap Tingkat Stress Guru selama Pandemi Covid-19. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 5(2), 9. https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.458

Sihotang, H. (2020). Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19. IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46305/im.v1i2.16

Sunarko, A. S. (2020). Implikasi Keteladanan Yesus sebagai Pengajar bagi Pendidikan Kristen yang Efektif di Masa Kini. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(September), 118–131.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tafonao, T., & Ristiono, Y. B. (2020). Peran Guru Agama dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran dengan Bantuan Multimedia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 9. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.459

Telaumbanua, A. (2020). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Prestasi Siswa. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 115–129. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.44

Wardah, R. (2021). Kreativitas guru pai dalam menumbuhkan minat belajar siswa melalui pembelajaran daring di mtsn 1 lamongan.

Waruwu, D. S., Nainggolan, R. B. M., & Siringo-ringo, E. (2020). Volume 10 No . 4 Desember 2020 The Effect of Storytelling Media Use on the Success of Class IV & V Private Elementary School Christian Education Learning from the Elida Medan. Elementary School, 10(4), 273–285.

Yusuf Siregar, M., & Amiril Akbar, S. (2020). Strategi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar selama masa Pandemi COVID-19. At- Tarbawi, 12(2), 180–188. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v12i2.1832




DOI: https://doi.org/10.52879/didasko.v1i2.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Henilis Yanti Zega, Talizaro Tafonao

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexed By:
     
 
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/ 
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511
e-jurnal Website: http://e-journal.stakdiaspora.ac.id/index.php/didasko/index
e-ISSN: 2776-5415 p-ISSN: 2776-5407

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).