Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Anak Peserta Didik Berdasarkan 2 Timotius 3:16
Abstract
The role of a Christian teacher is very important in supporting the growth of students' faith based on the Bible verse 2 Timothy 3: 16. In today's world, which is characterized by technology and rapid social change, we need to know that the challenges currently facing the younger generation are becoming increasingly Serious. This gets more and more complicated. Christian religious education inspired by the Word of God plays a very important role in teaching, correcting mistakes, correcting behavior, and educating children in truth. We know that Christian religious education that is comprehensive and sensitive to context can have a significant positive impact on the development of children's faith and character. Children who receive a structured Christian religious education develop a deeper understanding of the teachings of Christ, increase ethical behavior, and demonstrate the ability to face life's challenges with a strong foundation of faith. This study highlights the importance of incorporating biblical values into the curriculum and the importance of educational approaches that are relevant to the current context.
Abstrak
Peran sorang guru agama Kristen sangat penting dalam mendukung pertumbuhan iman anak didik berdasarkan Alkitab ayat 2 Timotius 3: 16. Di dunia saat ini, yang ditandai dengan adanya teknologi serta perubahan sosial yang cepat, perlu diketahui tantangan yang saat ini dihadapi generasi muda menjadi semakin serius. Ini menjadi semakin rumit. Pendidikan agama Kristen yang diilhami oleh Firman Tuhan sangat berperan penting dalam mengajar, mengoreksi kesalahan, mengoreksi tingkah laku, dan mendidik anak dalam kebenaran. Menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka maka dapat disimpulkan bahwa kekeristenan harus menyadari bahwa pendidikan agama Kristen yang komprehensif dan peka terhadap konteks dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan iman dan karakter anak. Anak-anak yang menerima pendidikan agama Kristen terstruktur mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran Kristus, meningkatkan perilaku etis, Menyelidiki dan menganalisis peran guru agama Kristen dalam mendukung pertumbuhan iman dan karakter anak didik, dengan fokus khusus pada penerapan prinsip-prinsip yang diambil dari 2 Timotius 3:16.Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh generasi muda dalam perkembangan iman dan karakter di tengah perubahan teknologi dan sosial yang cepat, serta bagaimana pendidikan agama Kristen dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut.Mengeksplorasi dampak dari pendidikan agama Kristen yang terstruktur dan berbasis pada Firman Tuhan terhadap pengembangan pemahaman, perilaku etis, dan kebenaran dalam diri anak didik.Mengembangkan strategi pendidikan agama Kristen yang komprehensif dan peka terhadap konteks sosial dan budaya saat ini, dengan tujuan memperkuat iman dan karakter anak didik di dunia yang terus berubah. Menyimpulkan bagaimana pendidikan agama Kristen yang diilhami oleh 2 Timotius 3:16 dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan iman, moral, dan perilaku etis anak didik. Dan menunjukkan kemampuan menghadapi tantangan hidup dengan landasan iman yang kuat. Kajian ini menyoroti pentingnya memasukkan nilai-nilai alkitabiah ke dalam kurikulum dan pentingnya pendekatan pendidikan yang relevan dengan konteks saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(2013). Toleransi beragama. In Jurnal Ushuluddin. Alprin.
Anjaya, C. E., Arifianto, Y. A., & Fernando, A. (2021). Kecerdasan Spiritual sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen. REDOMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), 58. https://doi.org/10.59947/redominate.v3i1.20
Arifianto, Y. A. (2020). Pentingnya pendidikan kristen dalam membangun kerohanian keluarga di masa pandemi covid-19. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 94–106.
Arifianto, Y. A., & Sumiwi, A. R. E. (2020). Peran Roh Kudus dalam Menuntun Orang Percaya kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16:13. DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.53547/diegesis.v3i1.56
Asrinia Susanti Riu, & Rounauly Marbun. (2023). Alkitab Sebagai Dasar Utama Guru PAK Dalam Mengajar. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 9(1), 61–72. https://doi.org/10.58374/sepakat.v9i1.134
Bengu, R. T. (2022). Karakteristik Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Menurut 2 Timotius 2:1-13. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(2), 116–128. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i2.73
Ginting, G., Silalahi, A., Hasugian, R., Sianturi, R. S., & Kasse, Y. (2022). Pentingnya Membaca Alkitab Berdasarkan 2 Timotius 3:16 Terhadap Pembentukan Karakter Dan Pertumbuhan Iman Peserta Didik Di Smp Harvard School. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.47457/phr.v5i1.212
Lepa, R. (2022). Paradigma Spiritualitas Kristen di Era 5.0. Penerbit Andi.
Lintarwati, I., Anjaya, C. E., & Arifianto, Y. A. (2022). Tanggung Jawab Penginjilan Bagi orang Percaya: Sebuah Refleksi Teologis 1 Korintus 9: 16-17. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.47167/kharis.v5i1.164
Marampa, E. R. (2021). Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 239–258. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v2i2.46
Paat, V. (2021). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Dalam Realitas Kekinian Masyarakat Indonesia. https://osf.io/preprints/vkz3b/%0Ahttps://osf.io/vkz3b/download
Putri Aprilia. (2022). Etika Pergaulan Siswa. WIDYA WASTARA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 53–62.
Ratnasari, D., Triposa, R., & Arifianto, Y. A. (2022). Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik dan Karakter Nara Didik. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.53547/rdj.v2i2.152
Sahartian, S. (2018). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 146–172. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.15
Sidiq, U. (2018). Etika dan Profesi Keguruan. In. In STAI Muhammadiyah Tulungagung (Issue (Vol. 53, Issue 9).). Pt. Indragiri Dot Com.
Soor, L. (2021). PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERTUMBUHAN IMAN ANAK DIDIK. EIRENE: Jurnal Ilmiah Teologi, 6(2), 364–385.
Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Waruwu, A. T. M. (2023). Prinsip Pengajaran 2 Timotius 3:16-17 dalam Konteks Pendidikan Modern. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 5(2), 119–129. https://doi.org/10.36270/pengarah.v5i2.185
DOI: https://doi.org/10.52879/jak.v2i2.134
DOI (PDF): https://doi.org/10.52879/jak.v2i2.134.g85
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siliwanus Arios, Sarina Tambunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511