Pemanfaatan Chat GPT Dalam Pengerjaan Tugas Perkuliahan Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup

Kevin William Albert, Kristiani Kristiani

Abstract


The use of ChatGPT among students at STT Berita Hidup has become a significant phenomenon; however, its impact on learning and academic integrity needs further investigation. This study aims to explore the effects of using ChatGPT in completing academic assignments and to identify the challenges and benefits associated with its use. The study employs a qualitative phenomenological approach by interviewing students who use ChatGPT for their assignments. The results indicate that while ChatGPT provides convenience, it also poses challenges such as a loss of motivation to learn and a lack of honesty in completing tasks. The implications of this research include the need for clear regulations and the promotion of academic integrity to mitigate the negative effects of this technology.

Abstrak

Penggunaan ChatGPT di kalangan mahasiswa STT Berita Hidup menjadi fenomena yang signifikan, namun dampaknya terhadap pembelajaran dan integritas akademik perlu diselidiki lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan ChatGPT dalam pengerjaan tugas akademik dan mengidentifikasi tantangan serta manfaatnya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan mewawancarai mahasiswa yang menggunakan ChatGPT dalam pengerjaan tugas. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT memberikan kemudahan namun juga menimbulkan tantangan seperti hilangnya motivasi belajar dan kurangnya kejujuran dalam pengerjaan tugas. Implikasi penelitian ini mencakup perlunya regulasi yang jelas dan pembinaan integritas akademik untuk mengatasi dampak negatif penggunaan teknologi ini.


Keywords


ChatGPT, mahasiswa, perkuliahan, manfaat, regulasi.

Full Text:

PDF

References


Aydın, Ömer, and Enis Karaarslan. “OpenAI ChatGPT Generated Literature Review: Digital Twin in Healthcare.” SSRN Electronic Journal 2 (2022): 22–31.

Baharuddin. ChatGPT Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: ITB Press, 2023.

Daulay, Maraimbang. “Filsafat Fenomenologi: Suatu Pengantar. Metode Penelitian” 5 (2019): 42–68.

Faiz, Aiman, and Imas Kurniawaty. “Tantangan Penggunaan ChatGPT Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2023): 456–463.

Hazan, Salomon. ChatGPT: The AI Revolution. Paris: Independently Published, 2023.

Misnawati. “ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 2, no. 1 (2023): 54–67.

Pantan, Frans. “Chatgpt Dan Artificial Intelligence: Kekacauan Atau Kebangunan Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Era Postmodern.” Diegesis : Jurnal Teologi 8, no. 1 (2023): 108–120.

Selly Anastassia Amelia. “ChatGPT Sebagai Alat Pendukung Pembelajaran: Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Abad 21`.” Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan 15 (2024): 206–214.

Setiawan, Adi, and Ulfah Khairiyah Luthfiyani. “Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan Di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis.” Jurnal Petisi 04, no. 01 (2023): 49–58.

Sirah Robitha Maula, Sindi Dewi Aprillian, Assyfa Wahida Rachman, and Meutia Nur Marziah Azman. “Ketergantungan Mahasiswa Universitas Jember Terhadap Artificial Intelligence (AI).” ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora 2, no. 1 (2023): 01–14.

Suharmawan, Wahid. “Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan.” Education Journal : Journal Educational Research and Development 7, no. 2 (2023): 158–166.

Sutiawan, Irwan. Chatgpt Pengetahuan Robot, Teknologi Browser Ilmiah Terdahsyat 2023? Jakarta: Gue Pedia, 2023.

Wolfarm, Stephen. What Is ChatGPT Doing and Why Does It Work? London: Turnaround Publisher Services, 2023.

KW. Wawancara dengan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup. Karanganyar. Minggu, 10 Maret 2024. Pukul 17.50 WIB.

RW. Wawancara dengan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup. Karanganyar. Senin, 11 Maret 2024. Pukul 12.00 WIB.

SP. Wawancara dengan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup. Karanganyar. Rabu, 13 Maret 2024. Pukul 10.30 WIB.

WS. Wawancara dengan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup. Karanganyar. Selasa, 12 Maret 2024. Pukul 16.00 WIB.

YB. Wawancara dengan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup. Karanganyar. Senin, 11 Maret 2024. Pukul 11.20 WIB.




DOI: https://doi.org/10.52879/jak.v3i1.135

DOI (PDF): https://doi.org/10.52879/jak.v3i1.135.g100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kevin William Albert, Kristiani Kristiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena
Institution Websitehttp://stakdiaspora.ac.id/ 
AddressJalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511

Jurnal Ap-Kain telah terindeks pada: